Apa yang Diharapkan Dari Penyedia Kolokasi Terkelola Anda

Kekhawatiran awal yang dimiliki manajer TI ketika ingin pindah dari in-house data closet atau pusat data ke fasilitas colocation yang dikelola secara profesional adalah hilangnya akses fisik langsung ke server. Pindah dari pusat data in-house di mana karyawan dapat melihat lampu status dan reboot server mereka di tempat, ke fasilitas hosting colocation di mana kontrol melalui Internet, kadang-kadang sulit dibayangkan CBTP.

Dengan alat dan layanan yang tepat dari penyedia colocation terkelola Anda, menjadi jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan untuk mengelola server Anda di fasilitas colocation. Bahkan, dengan alat yang tepat, Anda dapat menempatkan server Anda setengah jalan di seluruh negeri dan mengelolanya seolah-olah mereka hanya sebelah.

Kolokasi terkelola menyederhanakan perpindahan ke pusat data profesional dengan mengatasi empat bidang penting manajemen server:

Pengaturan dan penempatan awal
Akses 24×7 dan kontrol server Anda
24×7 pemantauan proaktif seluruh infrastruktur Anda
Manajemen server dan dukungan teknis penuh waktu

Mari kita lihat masing-masing dari 4 layanan colocation terkelola ini:

1. Pengaturan dan Penerapan Awal harus sesederhana pengiriman server Anda ke pusat data.

Untuk biaya tetap yang sederhana, penyedia colocation yang dikelola dapat:

Desain dan tata letak rak
Menerima dan membongkar perangkat keras
Rekam dan beri label aset dan nomor seri
Profesional merakit dan me-mount server di rak
Menyediakan kabel daya dan jaringan
Kabel antar kabinet seperti yang ditentukan
Dokumentasikan sepenuhnya daftar kabel
Berikan dokumentasi final tentang tata letak dan jalur kabel
Memberikan diagram Visio dan dokumentasi gambar digital dari majelis akhir

Jika diinginkan, Anda harus dapat mengirimkan perangkat keras Anda langsung ke penyedia colocation terkelola Anda, yang dapat menginstal dan mengatur peralatan Anda tanpa Anda atau tim Anda pernah menginjakkan kaki ke pusat data. Kami menyebutnya “Rack & Stack”.

2. Akses 24×7 dan Kontrol Server Anda. Anda harus dapat mengakses dan mengontrol setiap aspek server Anda di Internet. Ini biasanya dilakukan melalui Portal seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Kemampuan manajemen server jarak jauh dari portal colocation harus mencakup:

Pemantauan sistem dan pesan yang diposting oleh insinyur pusat data saat mereka melakukan pekerjaan atas nama Anda – untuk memberikan Anda transparansi penuh ke pusat data, jaringan, dan status server.
Obrolan instan dengan teknisi pendukung
Detail perangkat – yang mencakup informasi pelacakan aset, nomor seri, informasi garansi, konfigurasi perangkat keras, dan alamat IP untuk setiap perangkat di sistem Anda.
Mendukung permintaan tiket, status, dan riwayat resolusi.
Pelacakan penggunaan bandwidth dengan informasi trending historis dan waktu nyata.
Pemantauan dan peringatan server waktu nyata – sehingga Anda dapat melihat statistik setiap perangkat secara waktu nyata.
Kemampuan reboot jarak jauh – untuk mem-boot ulang setiap perangkat di sistem Anda di Internet.
Akses KVM – akses langsung ke KVM yang terhubung sehingga Anda dapat mengontrol server Anda seolah-olah Anda berdiri di depannya.
Dokument vault untuk menyimpan pemulihan bencana atau dokumen produksi.

Dengan portal colocation terkelola yang tepat, Anda dapat mengelola server di piyama Anda pada jam 3 pagi di Internet seolah-olah Anda berdiri tepat di pusat data.

3. Pemantauan Proaktif 24×7 – Penyedia colocation terkelola Anda harus dapat memonitor setiap perangkat di sistem Anda 24 jam sehari – dan secara proaktif memperingatkan Anda tentang pemadaman atau masalah yang dapat menyebabkan pemadaman. Contoh sistem pemantauan yang tersedia melalui portal ditunjukkan di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *